Cara Menulis Buku Opini yang Menarik Minat Pembaca

Cara menulis buku opini tidak sesulit yang dibayangkan kebanyakan orang. Percaya atau tidak, sebenarnya menulis opini bisa dikerjakan dengan mudah. Menulis buku yang berkaitan dengan opini berarti sama halnya dengan menyebarluaskan gagasan. Dengan membuat tulisan opini maka orang tersebut menstranfer gagasan maupun ide ke ruang publik.

Para penulis buku opini dalam hal ini sudah masuk ke wilayah publik. Artinya tulisan Anda nantinya diharapkan dapat mempengaruhi publik. Tidak jarang tulisan bertajuk opini diterima oleh masyarakat maupun sebaliknya. Sehingga sebelum Anda memulai aktivitas membuat buku opini diperlukan kesiapan mental untuk menghadapi hal tersebut.

Menulis gagasan juga didefinisikan sebagai aktivitas rekreasi intelektual. Oleh karena setiap orang perlu mempertimbangkan cara menulis buku opini. Rekreasi intelektual ini terdiri dari kemampuan mengasah otak, menantang gagasan baru, menajamkan pikiran dan pandangan serta menantang pembacanya untuk ikut memberikan argumentasi. Bagaimana merealisasikannya? Cek dulu caranya di bawah ini.

Pahami Penulisan Opini yang Benar

Anda barangkali bisa membuat opini dalam waktu yang singkat. Namun, apakah opini tersebut dapat menarik minat orang untuk membacanya? Inilah yang bisa saja terlewatkan oleh setiap penulis buku bertajuk opini. Padahal tujuan penulisan opini adalah untuk menyebarluaskan gagasan Anda. Selain itu opini bertujuan untuk membuka pandangan baru bagi setiap pembaca.

Opini yang benar dan bagus biasanya akan mendapat tanggapan berupa respon argumen. Apabila buku bertajuk opini tidak menarik minat banyak orang bisa jadi ada yang kurang dalam isi gagasannya. Dengan demikian tujuan pembuatan opini tersebut tidak tersampaikan dengan  baik. Bagaimana cara menulis buku opini yang mampu menarik minat pembaca?

Cara terbaiknya adalah memahami terlebih dahulu trik penulisan opini. Setidaknya ada enam hal yang perlu Anda pertimbangkan dalam menulis opini ke dalam buku. Pertimbangan dimulai dari adanya pengetahuan atau permasalahan tertentu. Memilih permasalahan tertentu membuat opini Anda makin terarah. Pemilihan bidang permasalahan harus sesuai pengetahuan dan bidang yang Anda pelajari.

Selanjutnya perhatikan ide dan gagasan yang Anda keluarkan. Argumentasi gagasan yang Anda tuangkan ke dalam buku juga tidak boleh melenceng dari topik. Selain itu Anda harus memahami gaya penulisan opini dan pengguanaan bahasanya. Cara menulis buku opini lebih maksimal dengan memahami pengetahuan tentang media massa.

Mulai Membuat Buku Bertajuk Opini

Memahami tanpa melakukan tindakan sama halnya Anda tidak menciptakan karya apapun. Oleh sebab itu perjuangan Anda tidak boleh berhenti pada pemahaman penulisan opini saja. Dalam hal ini Anda sudah melangkah lebih maju karena memiliki modal awal. Pengetahuan mengenai teknik menulis opini yang benar adalah modal awal Anda sebelum menciptakan buku.

Kini lanjutkan cara menulis buku opini dengan membuat paragraf. Pada dasarnya membuat opini dalam bentuk buku maupun artikel tidak berbeda jauh. Dalam opini ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Hal pertama yaitu judul opini Anda. Sebaiknya buatlah judul sesuai tema pilihan. Judul haruslah menarik namun tidak provokatif.

Selanjutnya perhatikan bagian pembuka opini. Kalimat pembuka opini buku Anda haruslah lugas dan tidak panjang. Kemudian lanjutkan ke bagian inti dari opini. Di dalam menuangkan inti gagasan Anda bisa menambahkan data yang menunjang. Terakhir adalah bagian penutup opini dan buku. Bagian ini merupakan kesimpulan dari opini yang Anda tuangkan.

Jadi, menulis gagasan dimulai dengan memahami cara penulisan yang baik. Tidak ada salahnya juga Anda rajin membaca gagasan lain maupun ilmu pengetahuan baru. Hal ini diperlukan agar wawasan dan pandangan Anda terhadap suatu permasalahan semakin luas. Dengan demikian cara menulis buku opini di atas dapat Anda realisasikan sejak dini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *