Ingin Jadi Penulis Cerpen? Pahami Cara Menulis Cerpen Pemula Ini

Ingin Jadi Penulis Cerpen? Pahami Cara Menulis Cerpen Pemula Ini

Mengulik beragam cara menulis cerpen pemula adalah hal yang biasa dilakukan oleh seorang penulis. Terutama bagi Anda yang suka berimajinasi. Menulis merupakan kegiatan yang menyenangkan. Setiap orang bisa membagikan semua hal lewat tulisan. Namun, untuk mendapatkan tulisan yang bermanfaat dan berkualitas imajinasi saja tidaklah cukup.

Sebagai pemula ada banyak hal yang bisa dijadikan sebagai inspirasi. Mulai dari pengalaman sendiri, imajinasi hingga kisah para penulis profesional. Cerpen sendiri selalu mendapat tempat di hati banyak orang. Biasanya cerpen fenomenal mempunyai kesempatan besar untuk dijadikan inspirasi ke dalam film.

Apakah seorang pemula dapat menghasilkan beragam cerpen yang akan diterima banyak orang? Jawabannya adalah tergantung dari diri Anda sendiri. Semakin banyak cara menulis cerpen pemula yang Anda kembangkan maka tulisan pun lebih berkualitas. Agar Anda lebih mudah mendapatkan tulisan layaknya cerpen profesional tidak ada salahnya mempertimbangkan cara berikut ini.

Langkah Awal Menulis Cerita Pendek

Langkah awal dalam menulis cerita pendek bisa Anda mulai dengan mengenal jenis maupun bentuk tulisan terlebih dahulu. Jenis pertama yaitu cerita berbalut karakter, gaya, plot dan deskripsi. Jenis kedua merupakan cerita berbentuk spontanitas. Misalnya saja kisah spontan yang terjadi di sekiling Anda.

Setelah cara menulis cerpen pemula tersebut Anda lakukan mulailah untuk menentuk jenisnya. Dalam hal ini Anda tidak perlu mempertimbangkan ide cerita terlebih dahulu. Sebaliknya Anda perlu menentukan siapakah protagonis dalam cerita yang dibuat. Untuk mempermudah menemukan siapa protagonis sebaiknya buatlah cerita dasar.

Cerita dasar tidak dibuat berdasarkan pemikiran yang panjang. Justru dalam hal ini Anda harus mengupayakan tulisan dasar mengalir sesuai dengan imajinasi. Lupakan mengenai kesalahan penulisan dan tulisan yang terkesan tidak rapi. Ketika menulis cerita dasar inilah Anda akan menemukan tokoh-tokohnya dengan sendirinya.

Cara menulis cerpen pemula selanjutnya dengan mempertimbangkan kembali tokoh cerita. Protagonis umumnya merupakan karakter yang memberikan makna. Bila Anda sudah menemukan tokoh protagonis maka tidak sulit dalam mengembangkan cerpen. Ingatlah bahwa protagonis tidak hanya karakter yang baik saja. Protagonis bisa berupa tokoh yang membuat keputusan dan mendorong cerpen lebih seru.

Langkah Mengembangkan Cerita Pendek  

Langkah selanjutnya ialah mengembangkan cerita pendek Anda. Dalam mengembangkan cerita Anda bisa memulainya dengan menulis paragraf pertama. Langkah menulis paragraf awal ini bisa dibilang sebagai bagian yang menegangkan. Hal ini karena paragraf awal menentukan minat pembaca selanjutnya. Paragraf yang bagus sangat efektif dalam menunjang keberhasilan pembuatan cerpen.

Bila Anda berhasil menerapkan cara menulis cerpen pemula ini bukan tidak mungkin tulisan nantinya terlihat lebih menarik. Paragraf pertama biasanya memiliki kekuatan besar dalam menarik minat pembaca. Usahakan membuat narasi pertama yang mampu menghipnotis setiap pembaca. Pada paragraf ini tulisan Anda benar-benar dituntut untuk membuat pembaca penasaran dengan isinya.

Langkah selanjutnya ialah mengembangkan ide paragraf pertama. Dalam pengembangan cerita Anda sebaiknya mengingat setiap adegan maupun kejadian. Untuk memudahkan Anda berimajinasilah lewat kejadian yang pernah terjadi di sekeliling. Perhatikan pula setiap detail waktunya. Setelah selesai bacalah kembali cerita yang Anda buat. Apabila mendapati beberapa kesalahan penulisan cobalah untuk mengeditnya.

Nah, kini cerpen yang Anda gadang-gadang sudah jadi. Untuk memastikan cerpen tersebut mudah dipahami oleh pembaca sebaiknya perhatikan pemilihan bahasanya. Pemilihan gaya bahasa biasanya dipengaruhi oleh pembaca cerita Anda. Apabila target pembacanya anak muda pilihlah gaya bahasa gaul. Yuk, kembangkan tulisan Anda dengan menerapkan cara menulis cerpen pemula di atas!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *