Ini Dia Tips Menulis Buku dari Penulis Best Seller

Ini Dia Tips Menulis Buku dari Penulis Best Seller

Tips menulis buku dari penulis best seller sangat beragam. Ya, bila dilihat dari perkembangannya di era milenial seperti sekarang ini mulai bermunculan penulis-penulis baru. Tidak hanya menghadirkan citarasa baru di bidang penulisan buku. Tidak jarang penulis kekinian memberikan warna tersendiri dari alur ceritanya sampai ide dan gagasan baru yang disajikan.

Membuat naskah buku yang menginspirasi terkadang tidak mudah dilakukan. Biasanya banyak godaan dan permasalahan yang muncul saat penulisannya. Misalnya saja rasa malas yang kerap menghampiri kebanyakan penulis. Hampir setiap penulis yang ada di dunia pastinya pernah mengalami rasa malas. Malas dan bosan muncul secara tiba-tiba terutama saat kehabisan ide.

Inilah alasannya mengapa tips menulis buku dari penulis best seller sangat berperan dalam keberhasilan Anda. Banyak hal yang akan Anda lalui ketika menulis naskah sampai menjadi buku. Apabila saat ini Anda sedang mengerjakan naskah tidak ada salahnya menilik tips khusus dari para best seller di bawah ini. Yuk, coba dulu!

Stephen King Menulis Berarti Siap Dikritik

Sebagai penulis Anda pastinya tidak asing dengan nama Stephen King. Ya, sosok yang satu ini dikenal sebagai penulis novel yang mendunia. Hingga saat ini ada puluhan novel yang sukses dikerjakan oleh Stephen King. Meski sudah menjadi penulis ternama namun ia tidak pelit berbagai ilmu lho. Terutama ilmu dalam menulis buku.

Tips menulis buku dari penulis best seller bernama Stephen King dimulai dari membiasakan diri melakukan kebiasaan baik. Kebiasaan ini yaitu sering membaca dan menghentikan aktivitas menonton tv. Dengan banyak membaca buku Anda semakin mampu meningkatkan kualitas tulisan. Anda juga disarankan untuk mempersiapkan diri ketika ada orang lain yang mengkritik.

Menurutnya kritik adalah sesuatu hal yang nyata. Sehingga sebagai seorang penulis Anda tidak dapat menghindari kritikan. Jadikan kritikan sebagai masukan yang membangun kreativitas. Stephen King juga memberikan tips agar para penulis tidak menghabiskan waktu demi menyenangkan orang lain. Artinya bila karya Anda tidak disukai satu orang jangan berkecil hati.

Hal ini karena besar kemungkinan orang tersebut bukan target pembaca buku Anda. Tips menulis buku dari penulis best seller ini juga masih berkaitan dengan pemilihan kata. Maksudnya ketika menulis sebuah buku Anda disarankan untuk memilih menggunakan kata yang pendek. Rangkaian kalimat yang pendek akan memudahkan pembaca memahami isi buku.

J.K Rowling Menulis dengan Penuh Tantangan

Selain Stephen King nama lain yang tidak kalah hebatnya sebagai penulis yaitu J.K Rowling. Namanya populer sebagai penulis serial Harry Potter. Siapa sangka sebelum dikenal sebagai penulis di kancah internasional J.K Rowling harus mengalami hal-hal pahit terutama dalam hal penulisan. Bahkan prosesnya penuh dengan tantangan.

Ada hal menarik dari pengalaman J.K Rowling yang bisa Anda jadikan sebagai pengalaman. Tips menulis buku dari penulis best seller tersebut adalah keberanian dalam mengambil tantangan. Sebelum namanya dikenal masyarakat luas, tokoh yang satu ini pernah menerbitkan buku dengan menggunakan nama lain yaitu Robert Galbraith.

Dengan menggunakan nama samaran tersebut ternyata justru penjualannya kurang sesuai harapan. Ia pun harus bersusah payah dengan tantangan tersebut. Barulah penjualannya mengalami peningkatan drastis semenjak orang-orang mengetahui bahwa penulis aslinya merupakan J.K Rowling. Ini membuktikan bahwa menjadi penulis yang belum dikenal memiliki tantangan yang lebih berat terutama dalam mempromosikan karyanya.

Demikianlah tips yang diberikan oleh para penulis ternama di dunia. Menulis jenis buku apapun terbukti membutuhkan kesabaran, intrik, konsistensi yang tinggi sampai siap dengan kritikan. Apakah hal ini ada di dalam diri Anda saat ini? Bila belum, yuk mencoba saran dan tips menulis buku dari penulis best seller di atas!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *